Varian XE Belum Ditemukan di Indonesia, Kemenkes: XD dan XF Juga Tidak Terdeteksi

Kamis, 21 April 2022 - 11:45 WIB
loading...
Varian XE Belum Ditemukan di Indonesia, Kemenkes: XD dan XF Juga Tidak Terdeteksi
Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi melaporkan bahwa hingga saat ini kasus XE tidak ditemukan di Indonesia. Foto/Ilustrasi/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi melaporkan bahwa hingga saat ini kasus XE tidak ditemukan di Indonesia. Ini tentu perlu disikapi secara dewasa, salah satunya dengan tidak jemawa.

"Sampai saat ini varian XE belum teridentifikasi di Indonesia," kata Siti Nadia saat dihubungi MNC Portal, Kamis (21/4/2022).

Sekali pun belum terdeteksi, Siti Nadia tetap mengimbau kepada masyarakat agar tetap patuh menjalankan protokol kesehatan dan yang belum melengkapi dosis vaksinasi, segera divaksin di sentra vaksinasi terdekat.

Varian XE pertama kali teridentifikasi di Inggris pada 19 Januari 2022. Kasus infeksi XE di Inggris pun terus dilaporkan meningkat sampai sekarang, bahkan kasus pada anak-anak meningkat.



Varian XE adalah virus rekombinan dari gabungan genetik sub varian BA.1 dan BA.2. Varian XE ini masih satu keluarga dengan Omicron.

Tak hanya XE, varian XD maupun XF pun diterangkan Siti Nadia belum terdeteksi di Indonesia. "Varian XD dan XF pun tidak terdeteksi di Indonesia hingga saat ini," tambahnya.

Beda dengan XE, varian XD dan XF adalah virus rekombinan dari gabungan varian Delta AY.4 dengan Omicron BA.1. Baik XD maupun XF pun masih dikategorikan keluarga dari varian Omicron.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3335 seconds (0.1#10.140)